Monday, August 5, 2013

TEORI BERMAIN



Pendahuluan
Kata “bermain” mungkin kita semua pernah, dengar, lihat, atau alami, mulai dari anak-anak samapai orang tua; khususnya pada masa kanak-kanak ihwal bermain menjadi suatu hal dominan dan sesuai dengan karakteristik dunia anak yaitu dunia bermain. Di lihat dari kedudukannya anak adalah tunas bangsa dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang kelak akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang. Oleh karena itu, anak perlu mendapatkan perhatian, peran dan pendidikan yang benar sejak dini. Dalam hal ini, pendidikan jasmani mempunyai peran dalam mengembangkan potensi anak khususnya melalui aktifitas jasmani. Di samping itu, pendidikan jasmani memberikan pengalaman gerak dan berbagai keterampilan lain yang dikemas secara menyenangkan dalam aktifitas bermain sehingga para peserta dalam pendidikan jasmani merasa senang untuk melakukannya.
Bagi anak bermain merupakan dunia yang penuh warna dan menyenangkan. Dari kata bermain dapat diartikan bahwa kegiatan ini berdampak  memberikan penyegaran pikiran yang ditandai dengan canda dan tawa serta tidak mengenal lelah. Menurut para pakar pendidikan dan psikologi bahwa bermain khususnya bagi anak mempunyai peranan yang sangat penting  sebagai sarana untuk perkembangan anak.
Pentingnaya bermain bagi anak telah menjadi perhatian serius terutama dari pemerintah, karena disadari benar bahwa mereka yang akan menjadi penerus generasi yang ada sekarang. Untuk mewujudkan generasi penerus yang tangguh dan mampu berkompetisi diperlukan upaya pengembangan anak yang sesuai dengan masa pertumbuhan dan perkembangannya. Maka salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak  yaitu: fisik. Aspek ini akan dapat berkembang dengan baik apabila pemahaman mengenai aspek fisik oleh guru pendidikan jasmani di sekolah juga baik.
Anak pada usia sekolah  mempunyai potensi yang sangat besar untuk dioptimalkan segala aspek perkembangannya, termasuk aspek fisik. Artinya aspek fisik sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh. Terdapat hubungan yang saling mempengaruhi antara kebugaran tubuh, keterampilan gerak, dan kontrol gerak, Keterampilan gerak anak tidak akan berkembang tanpa adanya kematangan kontrol gerak. Kontrol gerak tidak akan optimal tanpa kebugaran tubuh. Kebugaran tubuh tidak akan tercapai tanpa latihan fisik.
Dalam pendidikan di sekolah seringkali aspek fisik ini diabaikan atau bahkan dilupakan oleh orang tua, pembimbing atau bahkan guru sendiri. Hal ini lebih dikarenakan belum pahamnya mereka bahwa aspek fisik menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan anak, agar semua pihak yang berkepentingan memahami dan mampu menerapkan pada anak didiknya.
Salah satu aspek fisik ini yang sering kita dengar di sekolah yaitu motorik; ini adalah istilah umum untuk berbagai bentuk perilaku gerak manusia. Sedangkan psikomotorik khusus digunakan pada domain mengenai perkembangan manusia yang mencakup gerak manusia. Jadi motorik ruang lingkupnya lebih luas daripada psikomotorik. Meskipun secara umum  motorik sinonim digunakan dengan istilah gerak, sebenarnya psikomotorik mengacu pada gerakan-gerakan yang dinamakan alih getaran elektorik dari pusat  otot besar.
Dalam aktifitas bermain terdapat 3 (tiga) ranah yang saling berkaitan yaitu afektif, kognitif, dan motorik (gerak). Ketiga ranah tersebut dapat dikembangkan melalui aktifitas bermain; dalam aktifias berman terjadi interaksi antara satu orang pelaku dengan pelaku lainnya yang melibatkan unsur emosi. Selanjutnya hubungan antara ketiga ranah tersebut dapat digambarkan berikut ini:
Motorik
 
Kognitif
 
                                                                                               
Kognitif                                              


Perkembangan Afektif
 
 



Gambar 1
Interaksi Perkembangan Kognitif dan Perkembangan Motorik

Piaget dalam Mahendra dan Saputra (2006) mengkategorikan perilaku kedalam 4 (empat) tahap perkembangan kognitif, yaitu:
1.        Sensorimotorik                                         Lahir s/d 2 tahun
2.        Preoperasional                                          2 tahun s/d 8 tahun
3.        Konkret operasional                                 8 tahun s/d 11 tahun
4.        Formal operasional                                   11 tahun s/d 12 tahun
Berdasarkan pendapat Piaget, perkembangan kognitif terjadi melalui suatu proses yang dia sebut dengan adaptasi. Selanjutnya Agus mahendara dan Yudha Saputra (2006) menjelaskan bahwa:
    Adaptasi merupakan penyesuaian terhadap tuntutan lingkungan dan intelektual melalui dua hal yaitu asimilasi dan akomodasi. Asimilasi merupakan proses yang anak upayakan untuk menafsirkan pengalaman barunya yang di dasarkan pada interprestasinya saat sekarang mengenai dunianya.

Dikaitkan dengan aktvitas bermain pada anak,  yang melibatkan eksplorasi gerakan guna mendapatkan pengalaman berinteraksi dengan teman, lingkungan, dan alam sekitarnya. Sedangkan pada orang dewasa aktifitas bermain dijelaskan sebagai sarana untuk menghibur diri. Meskipun demkian pada esensinya tujuan bermain bagi anak-anak dan orang dewasa yaitu sebagai sarana sosialisasi, adapatasi, dan tentunya sebagai sarana belajar.

No comments:

Post a Comment